Pengantar Mingguan: 11 November 2020

Reportase Hari Kedua Webinar SDGs Universitas Hasanuddin:

Tantangan Dan Peluang Pencapaian Target Stunting RPJMN 2024 di Era Pandemi COVID-19

Hari Minggu (08/11/2020) merupakan hari kedua webinar SGDs Universitas Hasanuddin. Pada hari kedua webinar dibagi dalam dua kategori yaitu pemaparan materi dan diskusi panel. Di awal kegiatan diawali dengan pidato dari Prof. Dr. Jamaludin Jompa, M.Sc selaku Pembina SDGs Center Universitas Hasanuddin.

Selengkapnya


Reportase Hari Pertama Webinar SDGs Universitas Hasanuddin:

Tantangan Dan Peluang Pencapaian Target Stunting RPJMN 2024 di Era Pandemi COVID-19

Pada hari Sabtu (07/11/2020) lalu, SGDs Center Universitas Hasanuddin mengadakan webinar dengan tema utama ‘Tantangan dan Peluang Pencapaian Target Stunting RPJMN 2024 di Era Pandemi COVID-19’. Tema besar ini dibagi menjadi beberapa tema kecil dengan melibatkan banyak pakar yang kompeten di bidangnya. Kegiatan dibuka dengan pidato dari Prof. Dwia Aries Tina Pulubuhu selaku Rektor Universitas Hasanuddin.

Selengkapnya


Membawa Bekal : Langkah Sederhana untuk Hidup Lebih Sehat

Makan siang sering menjadi dilema bagi sebagian orang. Tidak sedikit orang yang harus mengorbankan banyak waktu dan tenaga untuk makan siang. Mulai dari menentukan menu, antri di tempat makan, dan mengakses tempat makan/mengambil pesanan.

Selengkapnya


Makan di Luar Rumah: Kerugian dan Solusinya

Pada beberapa tahun terakhir, makan di luar sudah menjadi bagian dari pola hidup. Istilah internasional yang sering digunakan adalah eating out of home (OH). Banyak hal yang mempengaruhi naiknya preferensi masyarakat untuk makan di luar rumah.

Selengkapnya


Reportase Webinar: Kemitraan Multisektoral untuk Penurunan Stunting di Indonesia

Webinar “Kemitraan Multisektoral untuk Penurunan Stunting di Indonesia” dibuka oleh Mark Fiorello sebagai moderator dengan menampilkan video upaya penurunan stunting oleh 1000 Days Fund. Selanjutnya Menteri Kesehatan Dr. dr. Terawan Agus Putranto, Sp. Rad. (K) menyapa peserta melalui video pengantar.

Selengkapnya


Bisnis Makanan Aman di Situasi Pandemi COVID-19

Di situasi pandemi COVID-19, hampir semua pekerjaan dialihkan pada sistem online. Namun, ada beberapa pekerjaan yang tidak bisa dialihkan secara online. Salah satunya adalah pekerjaan di bidang industri makanan. Demi menjaga keamanan pegawai dan konsumen, industri makanan seharusnya menerapkan sistem keamanan makanan

Selengkapnya


Weight Faltering : Indikator Gangguan Pertumbuhan Anak yang Perlu Diwaspadai

Pemantauan tumbuh kembang anak memerlukan perhatian yang besar dari orang tua. Hal ini menjadi hal yang sangat penting karena akan berdampak pada kesehatan fisik dan mental di masa mendatang. Salah satu kondisi yang perlu diwaspadai adalah pertumbuhan yang tidak memadai, atau sering dikenal dengan istilah ‘weight faltering’.

Selengkapnya


Strategi Mitigasi COVID-19 bagi Gizi Kesehatan Ibu dan Anak

COVID-19 memberikan efek potensial pada sektor ekonomi, keamanan pangan, serta program deteksi dan penanggulangan masalah kesehatan berbasis komunitas. Diperkirakan bahwa hal ini berefek pada meningkatnya angka malnutrisi/kekurangan gizi pada anak sebesar 10-50% dengan lebih dari ~40.000-2.000.000 kematian anak. 

Selengkapnya


Kebun Pribadi: Ketahanan Pangan di Masa Pandemi

Kerawanan pangan menjadi ancaman besar pada permasalahan kesehatan selama masa pandemi di banyak negara (khususnya negara berkembang). Diperkirakan jumlah angka kerawanan pangan kronis pada Januari 2020 sebesar 135 juta akan menjadi dua kali lipat di akhir 2020, yaitu 265 juta.

Selengkapnya


Penanganan Stunting secara Multisektoral: Pembelajaran dari Negara Colombia

Stunting masih mejadi masalah utama Indonesia dibidang kesehatan. Permasalahan stunting sangat kompleks, sehingga harus diselesaikan secara lintas sektor atau istilahnya intersectoral actions (ISA).

Selengkapnya


Manajemen, Pendampingan, Pengawasan, dan Pemantauan Gizi dalam Situasi Pandemi COVID-19

Unicef, bekerjasama dengan Global Nutrition Cluster dan Global Technical Assistance Mechanism for Nutrition (GTAM) mengeluarkan pedoman rekomendasi spesifik bidang gizi untuk manajemen, pengawasan dan pemantauan dalam situasi COVID-19. Dalam situasi ini, perlu adanya inovasi dalam pengembangan untuk pengumpulan, interpretasi, analisis

Selengkapnya


Bagaimana Aturan BPOM terkait Impor Makanan Instan?

dok: cantika.com

Akhir-akhir ini, ketertarikan masyarakat Indonesia pada makanan instan dari luar negeri meningkat pesat seiring meningkatnya ketertarikan masyarakat pada budaya luar negeri. Cara mendapatkan makanan dari luar negeri pun saat ini tergolong mudah. Namun, apakah setiap makanan impor yang masuk ke Indonesia aman untuk dikonsumsi? 

Selengkapnya


Tips Mengontrol Berat Badan Selama WFH

Situasi pandemi COVID-19 menuntut setiap orang untuk lebih banyak beraktifitas di rumah guna menekan persebaran virus. Sebagian besar juga mendapatkan kesempatan untuk bekerja dari rumah atau work from home (WFH). 

Selengkapnya


Kemenkes Terbitkan Buku Pedomam Pelayanan Gizi Masa Pandemi

Gizi menduduki peranan yang penting dalam setiap lini kehidupan. Dalama masa pandemi ini, perhatian akan gizi pada masyarakat perlu ditingkatkan. Dalam situasi pandemi COVID-19, banyak protokol yang perlu diikuti agar pelayanan gizi bagi masyarakat berjalan dengan baik dan aman.

Kemenkes baru saja menerbitkan buku pedoman bagi tenaga kesehatan. Buku yang berisi 44 halaman, yang berjudul “Pedoman Pelayanan Gizi Pada Masa Tanggap Darurat Pandemi COVID-19”. Buku ini merupakan upaya untuk meningkatkan mutu gizi (khususnya bagi kelompok rawan), yaitu  ibu hamil, bayi, balita dan remaja.

Selengkapnya

Leave a comment

Dampak Covid