Pengantar Mingguan: 12 Desember 2021

Kontrol Berat Badan Ibu Hamil Turunkan Risiko Persalinan

Peningkatan berat badan pada ibu hamil menjadi perhatian yang sangat penting pada masa bayi dalam kandungan. Berat badan ibu merupakan salah satu indikator yang paling mudah untuk memantau kesehatan ibu hamil dan bayi. Peningkatan berat badan yang kurang maupun berlebih merupakan indikator yang perlu diwaspadai.

Selengkapnya


Kurva Kecepatan Pertumbuhan (Growth Velocity) sebagai Alternatif Monitoring Status Gizi Anak

Kegagalan dalam pertumbuhan anak pada masa 1000 hari pertama kehidupan berkaitan dengan outcome kesehatan yang buruk, perkembangan kognitif yang terhambat, dan keterlambatan berfikir. Anak dengan berat badan lahir rendah (BBLR) memiliki resiko gagal tumbuh yang lebih tinggi.

Selengkapnya


Reportase Forum Nasional JKKI XI – Subtopik 4B Ketahanan Layanan Gizi (Stunting): Optimalisasi Upaya Penurunan Stunting di Masa Pandemi COVID-19

Pada tanggal 11-26 Oktober 2021 telah terselenggara Forum Nasional JKKI XI dengan tema ‘Resilience Kesehatan pada Era Pandemi melalui Pemanfaatan DaSK, Data Rutin Kesehatan, dan Reformasi Sistem Kesehatan’ yang diselenggarakan oleh Pusat Kebijakan Manajemen Kesehatan Universitas Gadjah Mada (PKMK UGM). Salah satu sub topik dalam forum tersebut adalah ‘Optimalisasi Upaya Penurunan Stunting di Masa Pandemi COVID-19’.

Selengkapnya


Apakah Alat Skrining Gizi Paling Tepat bagi Pasien Anak di Rumah Sakit?

Malnutrisi merupakan permasalahan gizi yang urgent pada semua usia, khususnya pada anak. Pada situasi rawat inap, salah satu utama yang dilakukan ketika pasien anak masuk ke rumah sakit adalah skrining gizi. Terdeteksinya anak yang beresiko malnutrisi dapat mencegah malnutrisi di rumah sakit dan mencegah perburukan malnutrisi apabila telah terjadi pada anak.

Selengkapnya


Alat Skrining Gizi pada Anak

Sebagaisarana identifikasi resiko malnutrisi pada anak, dalam bidang gizi terdapat beberapa alat skrining gizi. Dengan resiko malnutrisi yang terdeteksi lebih awal, maka intervensi gizi dapat segera dilakukan. Efek dari intervensi gizi yang tepat adalah membaiknya fungsi fisik, menurunnya komplikasi penyakit, mempercepat penyembuhan penyakit dan menurunnya lama perawatan.  

Selengkapnya


Gizi Cukup Saat Kehamilan Salah Satu Cara Cegah Growth Faltering

Tahapan kehamilan merupakan periode emas yang menjadi salah satu penentu keberhasilan 1000 hari pertama kehidupan (HPK) seorang anak. Periode kehamilan adalah periode kedua terpenting setelah masa prakonsepsi. Pentingnya gizi pada masa prakonsepsi telah dijelaskan dalam artikel sebelumnya.

Selengkapnya


UPAYA PENURUNAN STUNTING MELALUI KECUKUPAN GIZI PRA-KONSEPSI

Kesehatan anak tidak hanya dipengaruhi oleh asupan gizi selama 1000 hari pertama kehidupan (HPK).  Periode penting sebelum periode 1000 HPK adalah periode prakonsepsi. Asupan gizi ibu sebelum anak ada di dalam rahim memberikan pengaruh yang besar bagi kesehatan anak.

Selengkapnya


Layanan Kesehatan yang Bermutu dan Tangguh Terhadap Bencana: Apakah membutuhkan Pendekatan Reformasi Kesehatan?

Sistem Kesehatan di Indonesia mengalami goncangan hebat sepanjang 2020 lalu akibat bencana non alam pandemi COVID-19. Pandemi ini berdampak dan menguji langsung Sistem Kesehatan Nasional dan Daerah (SKN dan SKD), yang mana keduanya diperhitungkan lemah untuk menghadapi ancaman ketahanan kesehatan, bencana alam, maupun bencana non alam seperti saat ini. Dalam menghadapi tantangan berat ini, ada pertanyaannya apakah Pemerintah akan melakukan strategi Reformasi Kesehatan? Apakah pendekatan reformasi ini tepat dilakukan dalam masa pandemi COVID-19 dan sesudahnya? Kegiatan Outlook ini akan mencoba membahas apa yang terjadi di tahun 2020 dan apa yang mungkin akan terjadi pada 2021. Acara diselenggarakan oleh Pusat Kebijakan dan Manajemen Kesehatan FK – KMK UGM pada Rabu, 13 dan 20 Januari 2021 melalui zoom meeting.

Selengkapnya


Reportase Seminar Internasional Penurunan Stunting:

Tantangan dan Kisah Sukses di Berbagai Negara

Di Indonesia, permasalahan stunting masih mencari titik terang. Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia (FKM UI) pada hari Rabu lalu (18/11/2020) telah menyelenggarakan seminar online yang mengangkat permasalahan stunting. Acara dibuka dengan pengantar oleh Prof. Dr. dr. Sabarinah Prasetyo, M.Sc (Dekan FKM UI), sambutan oleh Prof. Ari Kuncoro, SE, MA, PhD (Rektor UI) dan Prof. dr. Endang L Achadi, MPH, Dr.PH (Guru besar FKM UI). Prof. Dr. Muhadjir Effendy, S.Pd, MAP (Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan RI) selaku keynote speaker menyampaikan bahwa permasalahan stunting sangat urgent untuk ditangani.

Selengkapnya

Leave a comment

Dampak Covid