Hari Obesitas Sedunia

                Bulan ini, tepatnya tanggal 4 Maret merupakan hari obesitas sedunia. Hari peringatan  ini muncul karena tingginya angka obesitas di seluruh penjuru dunia, baik negara maju maupun negara berkembang. Dengan adanya hari obesitas dunia ini diharapkan dapat muncul banyak solusi dari permasalahan obesitas yaitu mencapai dan mempertahankan berat badan sehat, melakukan perawatan yang tepat, serta menanggulangi krisis obesitas. Hari obesitas pertama diperingati pada 2015 dan diselenggarakan oleh World Obesity Federation. Awalnya, hari obesitas jatuh pada tanggal 11 Oktober. Namun, terjadi perubahan menjadi tanggal 4 Maret pada tahun 2020. Perubahan dilakukan atas dasar keberhasilan kampanye obesitas (kampanye harian atau mingguan) di seluruh dunia, menyeragamkan, serta menyatukan kakuatan untuk mengurangi krisis obesitas.

                 Obesitas meningkat drastis sejak tahun 1975 pada semua kelompok usia sehingga menjadi masalah di kesehatan masyarakat. Permasalahan ini memerlukan keseriusan untuk ditangani karena obesitas merupakan faktor utama penyebab penyakit tidak menular seperti diabetes tipe 2, penyakit kardiovaskuler, hipertensi, stroke, dan berbagai jenis kanker. Akar dari obesitas sangat kompleks, diantaranya asupan makan, gaya hidup, genetik, psikologis, kultur sosial, ekonomi, lingkungan. Karena kompleksnya permasalahan obesitas, maka dalam penanganannya memerlukan banyak pihak, diantaranya beberapa profesi tenaga kesehatan serta pengambil kebijakan. Pencegahan dan penanggulangan harus berjalan beriringan.

                Upaya-upaya kebijakan yang dapat diambil untuk mengendalikan obesitas diantaranya pembatasan penjualan makanan dan minuman yang tinggi lemak, gula dan garam khususnya pada anak-anak; pembebanan pajak pada minuman manis; serta penyediaan akses makanan sehat yang lebih mudah. Dari sektor lingkungan, perlu tersedianya tempat yang aman untuk pejalan kaki, pesepeda, serta rekreasi yang mendukung kegiatan aktifitas fisik dan olahraga. Dari segi pendidikan, edukasi tentang perilaku sehat juga perlu diajarkan sejak dini.

                Dalam memperingati hari obesitas sedunia, diharapkan berbagai pihak semakin serius dalam memerangi obesitas. Organisasi kesehatan perlu lebih gencar dalam memberikan edukasi bagi masyarakat karena semakin hari semakin banyak tantangan yang muncul. Pihak yang memahami akan bahaya obesitas, khususnya tenaga kesehatan diharapkan bisa ikut mengedukasi, serta bagi siapapun penting untuk menjaga diri dan orang terdekat dari obesitas.

Sumber bacaan:

https://nationaltoday.com/world-obesity-day/

https://www.pusat2.litbang.kemkes.go.id/2021/03/04/peringatan-hari-obesitas/

https://www.who.int/india/Campaigns/and/events/world-obesity-day

https://www.worldobesityday.org/

Leave a comment

Dampak Covid