KERANGKA ACUAN KEGIATAN

Kaleidoskop Kegiatan 2022

Pusat Kebijakan dan Manajemen Kesehatan

Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat, dan Keperawatan

Universitas Gadjah Mada

Selasa, 27 Desember 2022

Icon-pengantar LATAR BELAKANG

Pusat Kebijakan dan Manajemen Kesehatan (PKMK) FK-KMK UGM telah memasuki tahun ke-24 dan telah menjadi salah satu organisasi riset dan konsultasi yang terdepan di sektor kesehatan. Sebagai organisasi pembelajar, PKMK perlu terus terbuka terhadap kesempatan-kesempatan untuk melakukan evaluasi dan refleksi serta belajar dari pengalaman untuk menata langkah ke depan. Kegiatan pertemuan kaleidoskop merupakan kegiatan tahunan yang dilaksanakan oleh PKMK sebagai sarana untuk berhenti sejenak dan melakukan refleksi dan evaluasi.

Kementerian Kesehatan telah mencanangkan transformasi sistem kesehatan yang merupakan langkah berani dan strategis untuk menata ulang penguatan-penguatan berbagai pilar sistem kesehatan secara komprehensif dan terpadu.  Upaya ini tentu perlu didukung penuh oleh segenap stakeholder sektor kesehatan, termasuk pusat-pusat kajian. PKMK sebagai salah satu mitra akademis Kementerian Kesehatan memiliki peran penting untuk mendukung transformasi sistem kesehatan ini dengan kegiatan-kegiatan penelitian, pendampingan dan kerjasama yang dilakukannya. Oleh karena itu, kegiatan Kaleidoskop merupakan sarana yang tepat untuk juga menilik bagaimana kegiatan-kegiatan di masing-masing divisi di PKMK telah sejalan dengan upaya transformasi sistem kesehatan.

Di sisi lain, banyaknya kegiatan yang telah dilakukan serta bertambahnya usia PKMK semestinya mendorong PKMK untuk terus berinovasi dan berkembang. Khususnya mengingat ekosistem sektor kesehatan juga sangat dinamis. Upaya transformasi kesehatan di Kementerian Kesehatan, diikuti dengan perubahan arah dan tatanan kesehatan global sebagai respon terhadap pandemi COVID-19 dan situasi normal baru pasca COVID-19, mengartikan bahwa PKMK juga harus terus beradaptasi dan bahkan mengantisipasi perubahan.  Oleh karena itu, PKMK juga perlu mendapatkan masukan dan arahan dari para penasehat dan anggota Board yang dapat memperluas wawasan dan mempertajam visi ke depan.

Icon-tujuan TUJUAN

Kegiatan ini bertujuan untuk:

  1. Menjadi kesempatan refleksi PKMK atas pencapaian dan tantangannya pada 2022
  2. Merencanakan bersama arah kegiatan dan pengembangan PKMK untuk mencapai target-target kinerja dan tujuan bersama pada 2023 serta mendapatkan arahan dari para anggota

Icon-Metode FORMAT KEGIATAN

Pertemuan setengah hari akan berlangsung dalam bentuk pertemuan offline. Masing-masing divisi akan menyampaikan rangkaian kegiatan yang telah dilangsungkan sepanjang tahun 2022 ini yang mendukung transformasi sistem kesehatan.

icon-timer WAKTU DAN TEMPAT

Kegiatan ini akan dilaksanakan pada:

Hari, tanggal             : Selasa, 27 Desember 2022

Waktu                         : 09.00-12.00 WIB

Tempat                       : Auditorium Gedung Tahir Lantai 1 (sayap utara)

Icon-agenda AGENDA

Pukul Acara  
09.00-09.30 WIB Registrasi dan Break Pagi Panitia
09.30-09.40 WIB

Pembukaan:

  • Menyanyikan lagu Indonesia Raya & Hymne Gadjah Mada
  • Sambutan
MC Dr. dr. Andreasta Meliala, M.Kes. MAS (Direktur PKMK)
09.40-09.50 WIB Pengantar Dekan FK-KMK UGM
09.50-10.00 WIB Kaleidoskop Divisi Manajemen Mutu Kepala Divisi
10.00-10.10 WIB Kaleidoskop Divisi Manajemen RS Kepala Divisi
10.10-10.20 WIB Kaleidoskop Divisi PH Kepala Divisi
10.20-10.30 WIB Kaleidoskop Divisi Manajemen Bencana Kesehatan Kepala Divisi
10.30-10.40 WIB Kaleidoskop Divisi e-Kesehatan Kepala Divisi
10.40-11.15 WIB Tanggapan dan arahan kegiatan 2023 yang mendukung transformasi dan memiliki daya ungkit untuk PKMK, FKKMK, UGM, dan sistem kesehatan Board PKMK
11.15-11.50 WIB Diskusi
11.50-12.00 WIB Penutup Direktur PKMK
 

OUTPUT KEGIATAN

Kegiatan ini diharapkan dapat menghasilkan refleksi hasil-hasil kinerja PKMK untuk mencapai target kinerja 2023.

Icon-narasumber PESERTA

  1. Dekanat FK-KMK UGM
  2. Direktur PKMK
  3. Ketua Pusat Kajian di lingkungan FK-KMK
  4. Peneliti internal PKMK

Dampak Covid