Pengantar Mingguan: 3 Januari 2022

MALNUTRISI DI RUMAH SAKIT

Malnutrisi merupakan kondisi medis yang disebabkan oleh kekurangan nutrisi karena berkurangnya asupan atau kebutuhan nutrisi yang berlebihan. Salah satu tantangan besar bagi pasien yang sedang menjalani rawat inap di rumah sakit adalah malnutrisi rumah sakit (MRS). MRS merupakan malnutrisi yang terjadi pada pasien selama masa perawatan di rumah sakit.

Selengkapnya


Skrining Gizi Lansia

Lanjut usia (lansia) merupakan kelompok yang rentan mengalami permasalahan kesehatan. Kondisi ini disebabkan oleh penurunan kemampuan fisik karena penuaan. Untuk menunjang kesehatan lansia, diperlukan upaya promotif, preventif, kuratif dan rehabilitatif serta pelayanan rujukan. Pelayanan kesehatan lansia meliputi kesehatan jasmani, rohani maupun sosial.

Selengkapnya


Liputan Webinar: Pengembangan Program dan Penyampaian Layanan Gizi Pra-Konsepsi

Pagi hari ini (28/12/21) telah terselenggara webinar dengan tema ‘Pengembangan Program dan Penyampaian Layanan Gizi Pra-Konsepsi‘. Webinar diselenggarakan oleh Departemen Biostatistik, Epidemiologi, dan Kesehatan Populasi FK-KMK UGM. Kegiatan ini dilaksanakan secara daring dengan mengundang empat pembicara dari beberapa bidang terkait sehingga dapat mengupas program layanan gizi pra-konsepsi dengan detail. Beberapa pembicara tersebut adalah Dr.rer.nat.dr. B. J. Istiti Kandarina (Dosen Departemen BEPH FKKMK UGM), dr. Esti Kurniasih (Kabid Kesehatan Masyarakat Dinas Kesehatan Kabupaten Sleman), H. Jaenudin, S.Ag, M.SI (Seksi Bimbingan Masyarakat Kementrian Agama Kabupaten Sleman), dan Vonny Persulessy, SKM, MPH (Puskesmas Twano Entrop, Dinas Kesehatan Kota Jayapura, DPC Persagi Kota Jayapura). Kegiatan dimoderatori oleh Digna Purwaningrum, S.Gz., MPH, PhD (Dosen FKKMK UGM).

Selengkapnya


Waspada Obesitas pada Anak

Selain angka obesitas pada dewasa yang terus mengalami peningkatan yang signifikan, obesitas pada anak juga mengalami peningkatan yang memprihatinkan. 41 juta anak dibawah 5 tahun mengalami kelebihan berat badan dan obesitas.

Selengkapnya


Ironi Obesitas di Indonesia

Semakin hari, kemudahan terhadap akses makanan di Indonesia mengalami peningkatan. Berbagai upaya dilakukan para penjual dengan penawaran menarik diiringi dengan berbagai kemudahan memperoleh makanan bercita rasa tinggi. Namun, hampir semua makanan yang tersedia tersebut adalah makanan tinggi kalori, tinggi lemak, dan tinggi gula.

Selengkapnya


Kontrol Berat Badan Ibu Hamil Turunkan Risiko Persalinan

Peningkatan berat badan pada ibu hamil menjadi perhatian yang sangat penting pada masa bayi dalam kandungan. Berat badan ibu merupakan salah satu indikator yang paling mudah untuk memantau kesehatan ibu hamil dan bayi. Peningkatan berat badan yang kurang maupun berlebih merupakan indikator yang perlu diwaspadai.

Selengkapnya


Kurva Kecepatan Pertumbuhan (Growth Velocity) sebagai Alternatif Monitoring Status Gizi Anak

Kegagalan dalam pertumbuhan anak pada masa 1000 hari pertama kehidupan berkaitan dengan outcome kesehatan yang buruk, perkembangan kognitif yang terhambat, dan keterlambatan berfikir. Anak dengan berat badan lahir rendah (BBLR) memiliki resiko gagal tumbuh yang lebih tinggi.

Selengkapnya


Reportase Forum Nasional JKKI XI – Subtopik 4B Ketahanan Layanan Gizi (Stunting): Optimalisasi Upaya Penurunan Stunting di Masa Pandemi COVID-19

Pada tanggal 11-26 Oktober 2021 telah terselenggara Forum Nasional JKKI XI dengan tema ‘Resilience Kesehatan pada Era Pandemi melalui Pemanfaatan DaSK, Data Rutin Kesehatan, dan Reformasi Sistem Kesehatan’ yang diselenggarakan oleh Pusat Kebijakan Manajemen Kesehatan Universitas Gadjah Mada (PKMK UGM). Salah satu sub topik dalam forum tersebut adalah ‘Optimalisasi Upaya Penurunan Stunting di Masa Pandemi COVID-19’.

Selengkapnya


Apakah Alat Skrining Gizi Paling Tepat bagi Pasien Anak di Rumah Sakit?

Malnutrisi merupakan permasalahan gizi yang urgent pada semua usia, khususnya pada anak. Pada situasi rawat inap, salah satu utama yang dilakukan ketika pasien anak masuk ke rumah sakit adalah skrining gizi. Terdeteksinya anak yang beresiko malnutrisi dapat mencegah malnutrisi di rumah sakit dan mencegah perburukan malnutrisi apabila telah terjadi pada anak.

Selengkapnya


Alat Skrining Gizi pada Anak

Sebagaisarana identifikasi resiko malnutrisi pada anak, dalam bidang gizi terdapat beberapa alat skrining gizi. Dengan resiko malnutrisi yang terdeteksi lebih awal, maka intervensi gizi dapat segera dilakukan. Efek dari intervensi gizi yang tepat adalah membaiknya fungsi fisik, menurunnya komplikasi penyakit, mempercepat penyembuhan penyakit dan menurunnya lama perawatan.  

Selengkapnya

Leave a comment

Dampak Covid